Minggu, 02 Maret 2008

Pemimpin harus mampu Inspirasikan

Oleh: Sayogi. S.Pd.

Mukadimah
Salah satu kekuatan di bumi ini adalah inspirasi, kekuatan menakjubkan ini bisa ditelusuri keajaibannya dalam alam yang sangat jauh yang tidak seorangpun dapat mengatakan batasannya.

Inspirasi sifatnya menyebar dan mempengaruhi tidak hanya orang yang berhubungan dengan orang tersebut saja tetapi menyeluruh ke semua lini. Keyakinan dalam diri manusia seperti setom menarik lokomotif sebuah gerakan vital yang mendorong tindakan. Pemimpin yang besar tahu bagaimana mengilhami keyakinan dalam di kalangan orang tua dan staff.

Memberikan Inspirasi pada Diri Sendiri
Prinsip-prinsip yang berhubungan dengan inspirasi atau dengan kata-kata atau tindakan kita yang dapat mempengaruhi pemikiran untuk inovasi, imajinasi, komunikasi pemikiran dan satu pikiran untuk menciptakan suatu keberhasilan yng tak terukur. Untuk itu emosional yang teratur mempengaruhi segala bentuk motivasi diri.
Secara singkat penulis memberikan pengertian tentang “Inspirasi” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia inspirasi adalah dorongan yang dapat membangkitkan seseorang untuk berkarya dalam dunia seni atau gagasan atau ide dalam ingatan. Dalam bahasa Belanda inspirasi artinya Ilham.

Memberikan Inspirasi pada Staff
Inspirasi memberikan keadaan yang mengilhami dan membangkitkan seseorang untuk melakukan tindakan dan tugas yang kita berikan dengan ketentuan yang berlaku sehingga staff dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya tanpa terbebani dengan beberapa ketentuan.
1. Rumongso hardarbeni (merasa memiliki)
2. Wajib melu hangrubeki (menjaga / mengembangkan)

Memberikan Inspirasi Kepada Orang Tua Murid
Orang tua murid adalah aset terbesar yang ada di sekolah. Untuk memberikan warna tersendiri guna pemahaman yang selaras tentunya tidak mudah. Dalam hal ini kita perlu memberikan dalam beberapa hal :
1. Mainkan peran kita
2. Berikan layanan yang maksimal (cepat, akurat, dan lugas)
3. Informasikan hal yang menarik tentang sekolah (prestasi)
4. Berikan kesempatan untuk saling menerima masukan


KEPEMIMPINAN ADALAH KETELADANAN
Seorang pemimpin harus mempunyai arah dan tujuan serta prinsip seperti yang diajarkan oleh Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara, “Ing ngarso sung tuludo, didepan menjadi teladan, ing madyo mangun karso, ditengah memberikan semangat, Tut Wuri Handayani, di belakang memberikan dorongan”. Pemimpin tidak saja mempengaruhi pengikutnya dengan cara memberikan motivasi tetapi juga memberikan contoh nyata. Mereka sadar bahwa seluruh mata hatinya memandang pada dirinya dalam arti yang seutuhnya. Mereka

Tidak ada komentar: