Minggu, 02 Maret 2008

Hakikat Kepemimpinan

Oleh: Drs. Marwan MA

Beberapa Studi Kepemimpinan
Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi mannajemen merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan amat berat seolah – olah kepemimpinan dipaksa mengahadapi berbagai macam faktor seperti struktur atau tatanan, koalisi, kekuasaan dan kondisi lingkungan organisasi. Sebaliknya kepemimpinan rasanya dapat dengan mudah menjadi satu alat penyelesaian yang luar biasa terhadap persoalan apa saja yang sedang menimpa dalam suatu organisasi.

Dalam hal ini kepemimpinan dapat berperan di dalam melindungi beberapa isu pengaturan oraganisasi yang tidak tepat , seperti ; distribusi kekuasaan yang menjadi penghalang tindakan yang efektif, kekurangan berbagai macam sumber, prosedur yang dianggap buruk dan sebagainya, yaitu problem – problem oraganisasi yang lebih bersifat mendasar.

Demikianlah esensi salah satu pendapat yang diungkapkan oleh Richard H. Hall melalui bukunya yang berjudul Organization ; Structure and Process, mengapa perlu dan banyak terdapat studi tentang kepemimpinan pada masa lalu. Suatu kenyataan bahwa di dalam situasi tertu kepemimpinan dirasakan penting , bahkan amat penting.

Oleh karena peranan sentral kepemimpinan dalam organisasi tersebut, maka dimensi – dimensi kepemimpinan yang bersifat kompleks perlu dipahami dan dikaji secara terkoordinasi, sehingga peranan kepemimpinan dapat dilaksanakan secara efektif. Dimensi – dimensi tersebut adalah definisi apa yang dimaksud kepemimpinan , berbagai macam studi tentang kepemimpinan,tugas dan fungsi kepemimpinan, efektivitas kepemimpinan, serta usaha – usaha memperbaiki kepemimpinan.

Hakikat Kepemimpinan.
Dari definisi sesuatu pokok permasalahan akan dapat diperoleh keterangan atau frase yang mengungkapkan makna, atau ciri – ciri utama baik berupa orang, benda, proses atau kegiatan.

Kepemimpianan diterjemahkan ke dalam istilah ; sifat – sifat, perilaku pribadi, pengaruh terhadap orang lain, pola – pola interaksi, hubungan kerja sama antar peran, kedudukan dari satu jabatan administratif, dan persepsi dari lain – lain tentang legitimasi pengaruh.

Dalam suatu defenisi terkandung suatu makna atau nilai –nilai yang dapat dikembangkan lebih jauh, sehingga dari suatu definisi dapat diperoleh suatu
pengertian yang jelas dan menyeluruh tentang sesuatu. Satu diantara definisi kepemimpinan yang bermacam – macam tersebut

Kepemimpinan adalah seni bagaimana mempengaruhi orang lain agar dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efesien.

Tidak ada komentar: